PS; yang udah baca blog / tulisan aku.. Tolong minta follow account IG aku yah dyahdeedee09 & Twitter @dyahdeedee09 jadi biar makin semangat nulisnya. Kamsahamnida.

Kamis, 24 Agustus 2017

Tips & Trik dari Hobi Ngeblog jadi Profesi ala Mbak Ani Berta


Happy Monday... Gimana yang baru masuk sekolah ?? Berasa jalanan penuh lagi ga?? Hihihi... Mau Cerita dulu nih hari minggu kemarin tepatnya di Gedung Republika, kepilih untuk datang ke acara yang dibuat sama Komunitas Repzone dan Komunistas ISB dengan tema Blogging ; Hobi & Profesi.
Di zaman dengan orang-orang yang lebih banyak mengunakan Gagdet dan Social Media, timbullah profesi yang namanya Blogger. Dari rajin menulis di Blog akhirnya bisa jadi profesi yang menghasilkan uang. Mbak Ani Berta Founder dari Komunistas ISB (Indonesia Social Blogprenuer) ngasih tau caranya.
Materi yang diberikan Mbak Ani Berta benar-benar dari awal banget pembuatan Blog baru, Jadi manfaat banget baru mau buat blog, diajarin dari awal ngebuat email untuk blogspot dan ada tips and trik yang dikasih Mbak Ani Berta.

Pertama, Jangan mengunci kolom komentar.
Dulu gue sengaja yang punya ID apapun masuk, karena ga pingin ada komentar Spam. Tapi akan membuat orang susah komentar di Blog kita. Padahal komentar di Blog itu sangat penting banget loh. Jadi lebih baik buat kolom komentar tapi di moderinasi, jadi bisa di pilih mana yang bisa ditampilkan atau ga.
Kedua, Menulis dan jangan mengharapkan bayaran dulu
Mbak Ani Berta banyak menulis di beberapa website tanpa dibayar dan akhirnya mendapakan berkah dari beberapa tulisan yang ga disangka-sangka. Bahkan Beliau sempat dibayar 1,5 juta perhari dengan keliling Indonesia selama 3 bulan. Coba hitung sendiri berapa tuh, belum uang saku juga.
Jadi buat yang baru mulai, menulislah dan jangan harapan dibayar dulu, nanti setelah banyak yang ngebaca tulisan kita pasti akan dapet berkah dari tulisan kita. Kata Mbak Ani Berta “Branding dan Portpolio itu lebih berharga”



Ketiga, buat nama Blog dan media social kita jangan pake nama Alay
Saran buat yang belum punya blog, buat dengan nama yang ga Alay kaya campuran angka huruf, alasan cuma satu biar blog kita gampang dicari dari pencari google. Klo pake nama Alay pasti susah dicarinya, begitu juga menulis isinya.
Pertanyaan dari pesta workshop, terus gimana Mbak klo yang ubah pake domain berbayar dengan nama Alay. Jawaban Mbak Ani Berta, lebih baik dibuat baru lagi karena buat kedepannya jadi lebih baik.


Kami adalah Blogger

Keempat, Blogger itu Independent
Buat temen-temen yang baru mulai, jangan binggung mau gimana memulai menulis. Beberapa teman juga  suka nanya sama gue, “Gimana sih caranya Ngeblog?” dan Gue bilang “Blog itu kaya Diary , tapi di Publish dan dibaca sama orang lain, jadi harus bisa pilih mana yang bagus untuk dishare dan tidak. Jadi tulisan bisa dari cerita kita sehari-hari”
Kelima, Izinlah lebih dulu sebelum menaruh foto di Blog
Ini yang sering banget dilakukan oleh Orang Indonesia, Mengambil Gambar tanpa seizin pemiliknya, bahkan nulis sumbernya “Google”. Jadi lebih baik pake foto sendiri, dibanding foto bagus tapi milik orang lain dan kasus kaya gini bisa dituntut loh teman-teman, jadi hati-hati.

3 orang sharing Pengalaman 

Ngomongin masalah Perizinan diatas, Selain Mbak Ani Berta ada Sharing juga dari yang lainya.
Pertama dari Dokter Charles yang mulai ngeblog dari fotographer lebih dulu. Bedanya, Fotographer sama Ngeblog adalah ketika fotographer mempublish foto maka tulisan itu dipikirkan nanti, sementara untuk Ngeblog, tulisan lebih penting dan foto sebagai pelengkap dan bisa ngambil dari mana saja.
Ada pesan dri Dokter Charles kalau kita mau ngambil foto yang Candid, meminta izin lebih dulu. Seperti anak jalanan jadi jangan sebarangan ngambil gambar, nanti bisa aja nuntut karena orang yang kita foto ga mau di publish wajahnya.


Selfie bareng Bapak Dian Kelana

Kedua, dari Bapak Dian Kelana. FYI Bapak Dian ini umurnya udah 62 tahun loh, bisa dibilang udah kaya makan asem garem dalam dunia tulis menulis dan foto. Ada kejadian saat Foto Bapak Dian diambil oleh salah satu media di Riau, beberapa teman menyuruh untuk menuntut, tapi Beliau dengan senang hati merelakanya.
Kalau gue liat dari Bapak Dian, beliau yang bisa dibilang sudah lebih dari setengah abad aja masih mau belajar dan masih terus menulis, lalu kamu yang masih muda gimana??!!! Bapak Dian juga membagikan satu buku berjudul “Seorang Balita Ditengah Pergolakan PRRI”
Ketiga, Shinta dari Kuis Hunter akhirnya mulai Ngeblog. Kalau dari wajahnya terlihat masih muda. Dia itu sering banget menang kuis dan jalan-jalan gratis, biasanya cuma share di Media Sosial aja. Tapi kalo di Blog bisa ke detect sama Google tulisan dan disimpen sebagai arsip. Lalu akhirnya Shinta yang nyari kerjaan, sekarang malah udah dapet tawaran kerjaanya bukan nyari lagi. ^_^


With Mbak Ani Berta

INI TIPS yang paling penting buat yang pingin dari Hobi Ngeblog jadi Profesi, memulai menulis dari apapun yang dilihat, dirasakan, curhat juga boleh, tapi hasil dari tulisan curhatan kita harus ada solusi dan manfaat untuk yang membaca juga.
Foto Barang sama Para Blogger. 

Yang belum ngeblog, Yuk mulai ngeblog jangan mau kalah sama Bapak Dian Kelana yang udah usia setengah abad lebih tapi masih semangat menulis bahkan menulis buku pula. Dari rajin nulis Blog bisa bikin Copy Writer, Content Writer, and Book Writer.

FACEBOOK : Dyah Deedee  TWITTER @dyahdeedee09 
INSTRAGRAM dyahdeedee09  FANPAGE Misstraveling 

1 komentar: