PS; yang udah baca blog / tulisan aku.. Tolong minta follow account IG aku yah dyahdeedee09 & Twitter @dyahdeedee09 jadi biar makin semangat nulisnya. Kamsahamnida.

Sabtu, 09 September 2017

Review Behind The Scene Hospital Ship, Drama Indonesia Musti Banyak Belajar


Hai... Korean Drama Addicted
Udah nonton kelanjutan Hospital Ship, Minggu ini tayang Episode 5-8 dengan total Episode ada 40 dan durasi 30 menit perepisode. Jadi anggep aja kaya nonton 20 Episode dengan durasi 1 jam.
Drama ini menurut gue, beda sama drama Dokter yang biasanya dirumah sakit tapi ini ada di Kapal dengan ngebantu orang-orang yang tinggal di pulau dengan laut-laut sebagai penghubung antara pulau.
Dari Behind The Scene drama ini, Kita bisa belajar gimana orang korea bikin drama yang tayang di TV Nasional dan Drama ini gratis dinikmati. Jadi bukan layaknya film yang harus bayar yah, Kalo di Indonesia tayang di R**I, S**V dan yang lainya.
Oke... Gue mulai apa aja yang di persiapkan Tim Hospital Ship sebelum Syuting.


Lokasinya ada di Pulau Geoje
Adakah yang pernah denger nama pulau ini, pasti cuma tahu kalau di Korea adanya Pulau Jeju... Hihihi.. sama kaya gue. Di pulau ini terkenal dengan Pelabuhan pembuatan Kapal, lokasi syuting Hospital Ship di buat di Pulau Geoje, deket Busan. Dan jaraknya 4 jam dengan Seoul naek bus ekspress, klo di Indonesia mungkin ini Jakarta Bandung, naek kereta

Hospital Ship gue bilang kaya cerita di Second To Last Love, pihak tim Produksi mengajak kerja sama dengan sebuah daerah untuk dijadiin tempat syuting. Tapi kalau di STLL hanya drama ini memang real dengan penjanjian dari Pemerintahan Pulau Geojo memperbolehkan tim Hospital Ship syuting ditempat mereka.
Dengan Pulau Geoje yang masuk drama, jadi penonton bisa tahu kecantikan Pulau di Korea dengan banyak tebing dan juga laut lepas, ada juga kincir angin dan yang paling penting memang ada Rumah Sakit Kapal yang berhenti di pelabuhan, Pulau Geoje dan beberapa pulau lainya.

Jadi nonton drama bukan cuma wajah Kang Min Hyuk yang tampan tapi pemandangan dari Pulau Geoje yang sangat indah. Pengambilan gambar pake dronenya juga bagus
Reading Dulu Sebelum Syuting

Dalam setiap Drama yang akan tayang di Korea Selatan, pasti akan ada foto waktu mereka reading dengan naskah. Bukan hanya reading biasa, tapi mereka dengan nada bicara sesuai dengan karakter dari drama itu walaupun hanya duduk aja.
Mereka pun udah dipasti akan main berapa Episode, mau Ratingnya paling tinggi ga akan di panjang-panjangin sampe 1000 episode.. hihihihi.. Biasanya akan nambah dua Episode aja maksimal kalau cerita belum kelar. Kaya Another Miss Oh sama Lets Eats, ditambah 2 Episode lagi buat bagus ending ceritanya.

Semua Pemain Belajar Dari Dokter Langsung

Menurut gue Drama dengan ceriat Dokter itu paling susah, selain ada kata-kata ilmiah kedokteran, cara mereka menangani Pasien juga harus bener-bener terlihat real. Han Ji Won, belajar sendirian sama Dokter, cara masukin alat bantu nafas ke kerongkongan. Dokternya ketawa waktu liat Ha Ji Won masukin selang dengan cepat, karena itu bisa tengorokan robek.

Bukan Cuma Ha Ji Won, Tim Medis lainya juga belajar bareng cara pakai masker, Jubah dan sarung waktu operasi. Semua diajarin sama Dokter langsung, jadi bener-bener dibuat Drama lebih nyata lagi dan bukan hanya mikir, Ahh.. itu kan fiksi.. Yahh memang cerita Fiksi tapi dibuat jadi bener-bener real.

Menurut gue, Mereka bikin drama bukan mau ngebodohin, tapi ngebuat kita jadi pinter dengan nonton drama. Makanya banyak orang sekarang jatuh cinta sama Drama Korea dibanding Drama Indonesia.

Rumah Sakit Kapal Juga Dibuat, Se-Real Mungkin.


Ada yang inget waktu di Kick Andy, Seorang Dokter bikin rumah sakit kapal untuk mengunjungi Pulau-pulau yang ada di Indonesia. Korea juga punya, dengan pulau-pulau yang terpisah dengan lautan.
Dan Kapal Rumah Sakit untuk syuting dibuat dari kapal penumpang yang diubah jadi bentuk kapal rumah sakit dengan tanda hijau dibagian atas. Bobotnya awalnya 77 Ton jadi 88 ton, makanya penumpang yang bisa naik yang tadinya 153 orang jadi hanya bisa 87 orang aja. Butuh waktu 15 hari buat renovasi Kapal Rumah sakit.

Lokasi Rumah sakit Di bangun di Aula Olahraga



Gue kadang-kadang suka salut sama Drama Korea yang bisa mengidentikan satu tempat yang awalanya hanya sebagai Lokasi Syuting dan akhirnya jadi tempat wisata. Sekarang yang lagi Booming adalah Wisata Tempat syuting Goblin, di pinggir pantai. Sebelumnya ada Winter Sonata, I Love Kim Sam Soon dan masih banyak lagi tempat syuting drama jadi wisata turis dateng ke Korea.
Ada yang memang, tempat-tempat yang mereka syuting ditempat itu, atau emang dibuat khusus buat syuting drama itu. Kaya komplek Ssangmundong, Tau dong yang nonton Reply 1988, hanya untuk bangun kompleknya aja butuh dana 10 Milyar, tapi harus dirobohkan demi tatanan kota mereka. Woowwwwww...
Drama Hospital Ship, pasti ada Scene rumah sakit juga, kalau pasien gawat dan butuh tempat operasi mereka akan dibawa dengan helikopter pindah ke rumah sakit besar. Mereka bikin Lokasi rumah sakit dkk di GOR pulau Geoje. Karena Menurut mereka, Akting dari seorang aktor dan aktis bisa terlihat dengan baik kalau didukung set lokasi juga yang mendukung.

Pemilihan, Karakter Pemain dengan baik


Ini yang paling penting juga dari Drama, Siapa yang Maen di drama itu. Di Hospital Ship Ada 3 Dokter tampan yang siap mengobati dengan ciri khas masing-masing,  Yang belum tahu silahkan mampir di tulisan aku Review Hospital Ship, bisa tahu karakter dan siapa aja yan jadi Dokter tampan. 
Di Korea, Pemilihan Karakter kadang ditentukan oleh Penulis. Inget ga sama Nona Kim, yang nulis Drama-drama denga Rating selalu tinggi. DOTS, GOBLIN. Dari awal penulisan DOTS, dia pingin banget Gong Yoo yang maen, tapi di tolak. Sampe akhirnya Gong Yoo nerima tawaran di Drama Goblin dan Sukses.

Sepertinya, di Korea ga Cuma ngeliat dari segi umur dalam pemilihan sebagai Lead Male, tapi bagaiamana cara si Aktris berakting. Makanya kaya Gong Yoo, Lee Dong Wook, Han Ji Won yang umurnya udah diatas 30 tahun,  bahkan hampir 40 tahun masih dapet tawaran jadi Lead Male, Ga kalah sama yang muda-muda. ^_^
Setelah nonton Doctor dan Romantic Doctor, ada lagi Hospital Ship yang bisa bikin tutup mata kalau ngeliat drama.  Terus setiap menunggu setiap Rabu dan Kamis.
Salam

Dyah deedee 

FACEBOOK : Dyah Deedee  TWITTER @dyahdeedee09 

INSTAGRAM dyahdeedee09  FANPAGE Misstraveling 

1 komentar:

  1. Iya mba... Aku juga suka drakor hehee... Suka dr cerita gak melulu gadis miskin yg di taksir cwok kaya pewaris bisnis. Kalo drakor ada segi latar belakang yg pemainnya yg bikin kita tertarik dan cinta jadi bumbu pemanisnya. Ada cerita ttg dokter, pembaca berita, polisi, detektif, atlet, dll. Jadi kita juga belajar ttg prkerjaan hahaaa....terima kasih ^_^

    BalasHapus