PS; yang udah baca blog / tulisan aku.. Tolong minta follow account IG aku yah dyahdeedee09 & Twitter @dyahdeedee09 jadi biar makin semangat nulisnya. Kamsahamnida.

Senin, 11 Juni 2018

Ini Perbedaan Ruangan ICVCU dan ICU di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita


Annyonghaseyo.... I’m Back... Setelah off hampir 1 bulan balik lagi nulis, selain nulis tentang drama Korea,  gue akan terus menulis tentang apa yang menarik  di Harapan Kita. Kali ini aku akan ngebahas tentang Ruangan ICU & ICVCU di Harapan Kita. Semoga kalian bisa tahu kalau kalian jengkuk atau memang ada keluarga yang masuk ke Rumah Sakit *Semoga Jangan Yah*
Pertama yang harus gue bahas, pintu masuk. Banyak orang salah masuk ke Gedung Ibu & Anak. Gedung Pusat Jantung ada dibagian kanan kalo kita berdiri dari Halte Busway, kali bisa melihat Patung Pendiri Rumah Sakit Jantung Harapan Kita.
Lalu akan bertemu 3 lift berjejer yang biasanya di jaga oleh Satpam, untuk yang belum punya kartu tunggu Pasien ga  boleh masuk selain jam kunjung. Lalu Naik ke Lantai dua kalian berada di lantai tempat Operasi *tindakan*, Ruangan ICVCU dan Ruangan ICU Bedah. Apa sih bedanya...


Ruangan ICVCU
Ini tempat hampir 24 hari papa aku dirawat, sebenarnya menurut gue tempat ini bukan sesteril ICU Bedah, karena biasanya kasus yang masuk “Pasang Ring” atau sebelum masuk ke ruang operasi dan keadaan ga mungkin masuk ruang rawat, mereka ada di ICVCU dengan semua keadaan vitalnya di pantau oleh  dokter dan perawat.
Ada banyak kasus yang masuk ke tempat ini, kemaren ada yang Koma kamarnya dirawat disebelah bokap, gue berharap bisa kembali sadar agar bisa di Operasi, tapi kemaren balik ke Rumah sakit ternyata Beliau udah meninggal tanpa sempet di Operasi. Semoga amalnya diterima dan masuk surga yah, bapak -Amien-
Tapi selama gue ada disana yang lebih banyak  masuk ke Ruangan ICVCU itu Pemasangan Ring, dan setelah itu banyak juga yang kena Infeksi Paru-Paru. Dan Itu yang bikin lama ada di Rumah Sakit, jadi buat teman-teman jagalah Kesehatan Paru-paru dengan menjauhkan asap rokok dari sekitar kalian. Perokok Pasif lebih parah efeknya dibanding yang aktif.

Peraturan yang harus ditaati oleh Keluarga Pasien dan juga Orang Yang Datang Menjenguk

Untuk Jadwal Besuk, ICVCU Harkit bisa melihat di hari kerja jam 5-7 malam, sementara hari libur ada dua kali kunjungan jam 11-12 siang. Selain itu semua orang dilarang masuk karena yang boleh hanya Perawat dan Dokter di dalam ruangan.
Tempat ini lumayan berbahaya untuk Pasien yang terkena Infeksi Paru-paru, karena keadaan yang lemah semua bakteri bisa masuk ke tubuh Pasien. Dalam kasus Bokap yang udah berhenti merokok dari umur 35 tahun, dilihat dari paru-parunya kalau beliau dianggap sebagai perokok aktif.
Sedih ga sih, kalo orang yang ga ngerokok tapi selalu dianggap perokok sama perawat. Itu semua karena bokap berkumpul dengan para perokok yang membuat paru-parunya juga terkontimasi asap-asap rokok. Hiksssss.... Makanya semenjak bokap meninggal, Gue makin.....makin... makin.. makin...makin....ANTI sama Perokok, karena KALIAN ITU MERUSAK ORANG LAIN JUGA, KALIAN ITU JAHAT!!!!!!

Untuk Buah Tangan, Pesan Gue mantan Keluarga Pasien, Jangan bawa sesuatu yang Gampang Basi dan kalian itu ga akan mungkin ngasih makanan ke Pasien karena semua yang ada di Ruangan ICVCU makananya diatur.  Pernah ada satu orang dengan percaya diri masuk ICVCU bawa buah untuk Pasien, Hihihi... Mungkin mereka pikir ICVCU kaya Ruang Rawat Orang Sakit DBD yah... Jadi lebih baik kalo bawa bawah tangan langsung kasih ke Keluarga Pasien aja.

Jangan Membawa Virus/Bakteri Yang Lebih banyak Ke Dalam Ruangan.
Ini yang sering gue lihat dari beberapa kasus, banyak keluarga yang ga taat peraturan, karena seharusnya masuk ke dalam ruangan hanya dua orang dan yang lain menunggu di depan pintu masuk ICVCU, tapi mereka bergerombol. Kalian mungkin yang sehat terkena flu itu bisa cepet sembuh, tapi untuk Pasien ICVCU bisa mematikan. Jadi lebih baik bergantian dan tertib agar pasien juga bisa tetap sehat & Stabil.

Jangan Lupa Cuci Tangan Masuk atau Keluar Dari Ruangan ICVCU
Buat keluarga Pasien yang belum pernah masuk ke ruangan ICVCU, kalian akan melihat botol merah didepan pintu. Kalian bisa mencuci tangan sesuai penjelasan di depan kaac. Kalian harus mencuci tangan dengan benar, agar virus dan bakteri bisa mati. Inget, Pasien ICVCU itu lemah jadi harus bebas dari segala Virus dan Bakteri.

Apabila berkunjung lebih baik Temui Keluarganya Lebih Dulu, Sebelum Masuk Ruangan ICVCU.
Ini kejadian waktu Papa udah terkena Infeksi Paru-paru dan perawat menyarankan agar hanya keluarga inti aja yang boleh masuk ruangan dan yang lainya boleh melihat dari depan pintu. Suatu hari tiba-tiba teman bokap masuk ke dalam ruangan menyapa papa.
Gue langsung panik karena sebelum masuk, kalian harus cuci tangan dan kalo memang diperlukan pake masker karena takut bakteri yang ada ditubuh Pasien makin bertambah. Catatan... Bakteri di tubuh Papaku yang awalnya Cuma 1 koma jadi berkembang jadi 8.
Ada juga teman Papa yang masuk, langsung berdoa disamping ranjang tanpa cuci tangan dan gue langsung menarik keluar karena ga pingin kondisinya makin drop. Sempet liat juga pasien yang ada disebelah ruanagan, tanpa ada pengawal dari keluarga, asal masuk tanpa cuci tangan, padahal kondisi Pasien koma. T_T...
Jadi buat teman-teman yang ingin mengunjungi Pasien di ICVCU lebih baik temui keluarga Pasien lebih dulu yah. Dan untuk tanya tentang keadaan pasien, dibicarakan di luar ruangan ICVCU jangan di depan pasien karena Pasien akan membuat pasien makin tegang dan stress kalau mendengarnya.


Itu mungkin yang harus kalian perhatikan ketika kalian akan menjenguk ruangan ICVCU. Untuk ruangan ICU akan gue bahas, walaupun gue belum sempet melihat didalamnya seperti apa.
Pertama, yang gue tau kalau ICU Bedah keadaan lebih gawat dibanding pasien ICVCU.
Sebagai Keluarga dan yang datang menjenguk, ga bisa bersentuhan dengan pasien hanya bisa melihat dari kaca. Kalau pasien sudah sadar mereka biasa melambaikan tangan dari tempat tidur. Untuk jam besuk mereka juga lebih sedikit hanya 1 jam, karena takut makin banyak yang datang maka makin banyak juga virus yang masuk.
Alasannya mereka semua baru saja melakukan Operasi bedah, Salah satu yang gue tahu adalah Operasi Bypass, kalau saluran di jantung yang ga bisa dipasang Ring maka harus di bedah. Jadi dada kalian di buka, lalu diambil urat dari kaki dan akhirnya disambung pada jantung kita. Makanya kalau bypass ada 3 tempat jahitan, didada dan juga di  dua kaki. *Merinding nulisnya*


Selain itu ada kasus lain juga kaya, katup bocor dan gue pernah ketemu sama orang tua yang anaknya harus operasi jantung padahal masih 1 tahun lebih. Hikss.... Jadi sayangilah jantung kalian dan selalu bersyukur... 

Done... Penjelasan dari gue tentang Ruangan ICVCU dan ICU di Harapan Kita, kalau kalian punya pengalaman juga silahkan loh bisa cerita juga. Mungkin bisa menginspirasi juga. 

PS; yang udah baca blog / tulisan aku.. Tolong minta follow account IG aku yah dyahdeedee09  & Twitter @dyahdeedee09  jadi biar makin semangat nulisnya. Kamsahamnida.

FACEBOOK : Dyah Deedee  TWITTER @dyahdeedee09 

2 komentar:

  1. Wah senasib bokap aku bukan perokok dr lahir tp karena tmpt kerjanya ngerokok ya kena duluan deh. Memang asap rokok dampaknya 80% bhkn aku check up, susternya nuduh aku ngerokok krn denyut nadi lemah bgt pdhl kagak 😭😫

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah tuh kan.... ROKOK ITU MENGANCAM ORANG LAIN.. HIKS... Tau gitu aku ga boleh bokap bergaul sama perokok, Ga berguna... T_T

      Hapus